Sunday 22 July 2018

Cara Membuat Ring Besi (Cincin Besi) Bangunan

                       
 Seperti yg kita ketahui kegunaan dari Cincin/ring besi ini untuk membuat rangka besi, ukaran cincin besi ini sangat beragam jenis dan ukurannya dan di artikel kali ini saya akan berbagi tips cara membuat cincin/ring besi.

 Untuk bahannya kita bisa menggunakan besi behel polos, selain besi behel polos ini mudah untuk dibentuk besi ini juga tidak rumit jika akan digunakan untuk merangka besi karena sifatnya yg polos tidak bergerigi atau ulir. Kali ini saya akan berbagi tips cara pembuatan ring/cincin besi ukuran 10x15 cm. Untuk langkah pertama saya merekomendasikan menggunakan besi behel berukuran 8 mm.

Bahan utama

 1. Besi behel polos ukuran 8 mm, untuk ukuran cincin 10x15 cm.



Alat-alat untuk membuatnya

1. Meteran
2. Pemotong besi atau bisa kita gunakan gerinda
3. Cetakan pembengkok besi



4. Kunci untuk membengkokan besi


Cara membuatnya 

1. Ukur panjang besi behel dengan ukuran 50 cm, setalah diukur lalu kita potong menggunakan pemotong besi/gerinda. Untuk 1 potong besi berukuran 50 cm bisa kita gunakan untuk membuat 1 cincin besi, semakin banyak besi yg kita potong maka akan banyak lagi cincin yg akan kita buat.

  

Setelah kita potong besi tersebut menjadi 50 cm, maka kita tinggal ke fase proses pembentukan besi, untuk proses ini kita memerlukan alat untuk membengkokan besi dan kunci pembengkoknya. Seperti yg kita ketahui ukuran cincin 10x15 cm ini berbentuk persegi panjang, maka setiap pembengkokannya berbentuk huruf L.

   Ukur ujung potongan besi tersebut -+ 2cm kemudian kita bengkokan sehingga berbentuk huruf  L , setelah dibengkokan ukur lagi 15 cm kemudian bengkokan lagi berbentuk huruf L. Setelah dibengkokan maka ukur lagi 10 cm dan bengkokan lagi berbentuk huruf L,  setelah itu ukur lagi 15 cm dan bengkokan lagi berbentuk huruf L. Dan yg terakhir setelah dibengkokan maka ukur lagi 10 cm dan bengkokan lagi, setelah potongan besi tersebut berbentuk persegi panjang maka diujung sudut yg kita bengkokan pertama akan lebih -+2 cm maka kita tinggal membengkokannya saja sehingga menjadi bentuk persegi panjang dengan sempurna. Dan jadilah sebuah cincin dengan ukura 10x15 cm

  Cincin siap digunakan, terima kasih .

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Chord Aku takut - Republik || Kunci Gitar

CHORD AKU TAKUT - REPUBLIK || KUNCI GITAR (Intro) G#M  D#M  C#M  G#M  D#M               G#M                                 D#M Katam...